Selasa, 25 September 2012

Sistem Pernafasan Pada Manusia

Sistem pernafasan mempunyai fungsi yang amat perlu untuk mendukung kehidupan. tahukah anda bahwa otak kita dapat alami masalah bila tidak memperoleh suplai oksigen cuma didalam lebih dari satu detik saja. masih ingatkah kalian dengan antonio puerta ? pemain sepakbola kebanggaan klub sevilla itu meninggal lantaran perihal demikianlah. ia alami serangan jantung waktu pertandingan serta itu bikin aliran darah yang mengangkut 02 ke otak terlambat… 

Sistem pernafasan manusia cukup menarik untuk dipelajari, perihal ini lantaran seluruh terkait dengan diri kita sendiri. sistem pernafasan sediakan keperluan oksigen tubuh yang kedepannya dipakai didalam proses metabolisme untuk beroleh daya. bila kalian senang yoga atau karate, banyak didalamnya yang terkait dengan metode pernafasan. beberapa atlet karate dapat membuahkan daya yang cukup besar untuk menghancurkan tumpukan bata atau balok dengan tehnik olah pernafasan. 

Ssebelum saat kalian pelajari sistem pernafasan manusia baca dulu uraian singkat dibawah ini ! 
pertukaran gas pada vertebrata, biasanya terjadi didalam tiga fase, yakni bernafas ( breathing ), transpor gas lewat sistem sirkulasi, serta pertukaran gas pada kapiler darah dengan sel tubuh. pada waktu burung atau mamalia menghirup hawa ( inhalase ), o2 dapat masuk ke didalam paru-paru, namun pada waktu mengeluarkan hawa ( exhalase ), jadi co2 dikeluarkan dari paru-paru ke lingkungan luar. tranpor gas lewat sistem sirkulasi, diawali dari proses difusi o2 dari paru-paru ke kapiler darah. oksigen lantas dibawa oleh hemoglobin darah ke sel-sel tubuh. pada waktu berbarengan, darah juga bertindak didalam co2 transport dari jaringan ke paru-paru. fase ke tiga pertukaran gas terjadi didalam jaringan tubuh, di mana se-sel terima o2 dari darah serta berikan co2 ke darah. oksigen didalam sel-sel tubuh dipakai untuk pembakaran molekul-molekul makanan untuk memperoleh daya, dengan proses yang disebut respirasi seluler ( campbell et al. 1999 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar